Laporan hasil observasi toko sembako

Wawancara:Asalamu'alaikum wr.wb.
Narasumber:Wa'alaikumsalam wr.wb
Wawancara:Maaf pak mengganggu waktunyaa sebentar,perkenalkan kami dari SMKN 1 REMBANG meminta izinnya untuk mewawancari bapak mengenai toko sembako ini karena kami ada tugas dari sekolah,apakah bapak bersedia?
Narasumber:iya silahkan
Wawancara:Kapankah berdirinya toko ini?
Narasumber:Toko ini berdiri sekitar tahun 2000-an.
Wawancara:Siapa pendiri toko ini?
Narasumber:Alhamdulillah saya sendiri
Wawancara:Siapa nama bapak?
Narasumber:Nama saya Angga
Wawancara:Berapa usia bapak?
Narasumber:27 tahun
Wawancara:Dimana tempat tinggal bapak?
Narasumber:Beralamat di Desa Grantung
Wawancara:Dari mana modal yang anda      dapatkan untuk membangun toko ini?
Narasumber:Saya membangun toko ini      dari tabungan saya sendiri
Wawancara:Apa saja yang anda perjual        belikan di toko ini?
Narasumber:Saya menjual berbagai macam barang diantaranya ada sembako,makanan ringan,es krim,minuman,alat-alat listrik,alat-alat tulis dan pulsa.
Wawancara:Apa yang anda lakukan untuk  menjamin kepuasan pelanggan?
Narasumber:Tentunya dengan menjual      barang-barang yang berkualitas.
Wawancara:Berapakah luas tempat yang      digunakan untuk toko ini?
Narasumber:diantaranya adalah 2×2 m        untuk pom mini dan 5×10 m untuk penempatan barang-barangnya.
Wawancara:Hambatan apa saja yang telah  anda alami?
Narsumber:Ketika terjadi penurunan            tingkat konsumsi pelanggan.
Wawancara:Strategi apa yang anda                terapkan untuk membangun bisnis ini?
Narasumber:Dengan cara memfokuskan      harga jual produk yang murah namun tetap menguntungkan.
Wawancara:Berapa keuntungan yang          didapat setiap bulannya?
Narasumber:Mencapai 10%-20% bahkan      lebih.
Wawancara:Apa yang menginspirasi anda  sehingga anda membuka bisnis ini?
Narasumber:Karena lapangan pekerjaan yang kurang sehingga saya lebih memilih untuk berbisnis,dan karena saya melihat peluang yang besar                           
Wawancara:Apa yang anda lakukan untuk  memajukan bisnis ini?
Narasumber:Tentunya saya akan tetap     mempertahankan kualitas dari barang-barang yang saya jual.
Wawancara:Sekian pak wawancara dari      kami,terimakasih atas waktunya dan mohon maaf jika kami mengganggu waktu bapak,Asalamu'alaikum wr.wb.
Narasumber:Iya sama-sama.

             Setelah tahapan wawancara selesai kita harus membuat kesimpulan dari hasil wawancara tadi.


        BERIKUT ADALAH KESIMPULAN DARI WAWANCARA TERSEBUT

     Toko atau kedai adalah sebuah tempat tertutup yang didalamnya terjadi kegiatan perdagangan dengan jenis benda atau barang yang khusus,misalnya toko buku,toko buah,dsb.Secara fungsi ekonomi istilah"toko"sesungguhnya hampir sama dengan"kedai"atau"warung".Akan tetapi pada perkembangan istilah kedai dan warung cenderung bersifat tradisional dan sederhana.Warung umumnya dikaitkan pada dengan tempat penjualan makanan dan minuman.Secara bangunan fisik toko lebih terkesan mewah dan modern dalam arsitektur bangunannya daripada warung.Toko juga lebih modern dalam hal barang²yang dijual dan proses transaksinya.
          Membuka toko adalah salah satu bisnis yang paling banyak diminati oleh para wirausaha,pasalnya toko adalah tempat yang banyak dikunjungi oleh kunsumen terutama untuk memenuhi kebutuhannya.Apalagi jika toko tersebut menjual berbagai banyak kebutuhan konsumen pasti akan laku terjual.Banyak wirausaha yang sudah menyalurkan bakat bisnisnya dengan membuka toko,dari toko dengan skala kecil,sedang maupun dalam skala besar.
          Salah satunya adalah seorang pemuda yang berusia 27 tahun yang bernama Angga,beralamat di Desa Grantung.Ia memulai bisnisnya sekitar tahun 2000,ia membuka toko tersebut dengan modal yang berasal dari hasil tabungannya sendiri,kemudian ia gunakan untuk merintis usahanya untuk membangun tokonya dan modal untuk memulai usahanya.
          Dalam tokonya ia menjual berbagai macam barang,diantaranya sembako,makanan ringan,es krim,minuman,alat²listrik,alat²sekolah dan ia juga menjual pulsa.Barang²yang ia jualpun berkualitas untuk menjamin kepuasan pelanggannya jadi jangan salah jika banyak pembeli yang datang ke toko tersebut.Luas tempat yang digunakan untuk bisnis tersebut kurang lebih 2×2 cm untuk pom mini dan 5×13 cm untuk penempatn barang²nya.
          Sebagai wirausaha tentunya ia pernah mengalami hambatan diantaranya ketika terjadi penurunan tingkat konsumsi pada pelanggan.Tetapi ia juga menetapkan strategi bisnis yaitu dengan cara memfokuskan pada tingkat harga jual produk yang murah namun tetap menguntungkan.Keuntungan yang ia dapat setiap bulanya mencapai 10% - 20% bahkan bisa lebih dari itu.
          Hal yang menginspirasinya untuk membuka toko tersebut karena lapangan pekerjaan yang kurang,sehingga ia memilih untuk berbisnis dengan alasan ia melihat peluang yang besar untuk memulai usaha didaerahnya.Dalam memajukan bisnisnya ia akan tetap mempertahankan kualitas barang²yang dijualnya.
          Dari kegiatan tersebut kita dapat mengambil manfaat,diantaranya adalah kita dapat mengetahui lebih dalam tentang bisnis,mengenal strategi bisnis yang baik,dan bagaimana melihat peluang usaha yang ada disekitar kita.
   

Komentar